DAFTAR STANDAR ISI DARI PRAKARYA SMP KURIKULUM 2013

Seperti diketahui, pada Struktur Kurikulum 2013 SMP ada pengurangan jumlah mata pelajaran dari 12 mata pelajaran termasuk mulok menjadi hanya 10 mata pelajaran termasuk mulok. Namun ada penambahan beban belajar dari 32 jam per minggu menjadi 38 jam per minggunya. Sedangkan lama belajar untuk setiap jam belajar di SMP/MTs tetap yaitu 40 menit.
Mata pelajaran adalah unit organisasi terkecil dari Kompetensi Dasar. Untuk kurikulum SMP/MTs organisasi Kompetensi Dasar kurikulum dilakukan dengan cara mempertimbangkan kesinambungan antar kelas dan keharmonisan antarmata pelajaran yang diikat dengan Kompetensi Inti. Berdasarkan pendekatan ini maka terjadi reorganisasi Kompetensi Dasar mata pelajaran sehingga struktur Kurikulum SMP/MTs menjadi lebih sederhana karena jumlah mata pelajaran dan jumlah materi berkurang.
Khusus untuk muatan lokal, Kompetensi Dasar yang berkenaan dengan seni budaya, dan keterampilan, serta bahasa daerah dapat diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Sedangkan Kompetensi Dasar muatan lokal yang berkenaan dengan olahraga serta permainan daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Untuk  mendapatkan gambaran lebih jelas Standar Isi (SK dan KD) prakarya silahkan download disini
Semoga bermanfaat dan Selamatlah guru TIK

Tidak ada komentar: